5 Negara Terbesar di Dunia Saat Ini

5-Negara-Terbesar-di-Dunia-Saat-Ini.jpg

daftarnegaraterkuat – 5  Negara terbesar di dunia mencakup hampir 50% luas daratan bumi, sekitar 149 juta km2. Negara-negara ini mencakup bentang alam yang sangat beragam, mulai dari hutan hujan tropis, padang gurun, tundra, hingga lapisan tanah beku permafrost.

Menariknya, negara-negara ini memiliki batas wilayah yang berubah-ubah seiring dengan waktu. Dahulu, saat zaman kerjaan Romawi, kerajaan itulah yang memiliki luas lahan paling besar di dunia, pada saat zaman kekhalifahan islam, merekalah yang memiliki luas lahan paling besar di dunia, pada zaman kekaisaran Mongolia Genghis Khan, kekaisaran tersebutlah yang memiliki luas lahan terbesar, begitu pula dengan kerajaan Inggris Raya pada saat zaman kolonialisme.

Karena luas wilayah suatu negara berubah-ubah, sulit untuk menentukan secara definitif negara mana yang paling besar dan mana yang paling kecil. Namun, berikut ini adalah 10 negara terbesar di dunia pada saat ini, diukur dari luas daratannya

1.Algeria (2.38 juta km2)

Dengan luas tanah sebesar 2.38 juta km2, Algeria merupakan negara terbesar di benua Afrika dan negara terbesar ke sepuluh di dunia berdasarkan luas daratan.

Negara ini terletak di Afrika Utara, tepatnya pada daerah barbary coast. Algeria memiliki panjang garis pantai sejumlah 998 km, cukup panjang untuk negara Afrika Utara. 90% negara ini merupakan daerah gurun pasir dan kebanyakan gurun pasir tersebut memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

Pegunungan Tell Atlas membentang di bagian utara Algeria, sedangkan sisi selatannya diisi oleh gurun sahara. Gurun Sahara Algeria mencakup wilayah yang sangat luas, hingga mencapai Niger dan Mali di selatan.

2. Kazakhstan (2.72 juta km2)

kazakhstan merupakan negara terluas ke 9 di dunia dengan luas 2.72 juta km2. Mayoritas wilayahnya berupa dataran stepa dan dataran tinggi. Negara ini memiliki iklim yang kering dan dingin, namun tidak cukup kering untuk membuatnya berubah menjadi gurun. Kazakhstan mengalami amplitudo suhu tahunan yang cukup tinggi, namun tidak setinggi tentangganya, Rusia.

Sebelum merdeka, Kazakhstan merupakan bagian dari Union of Soviet Socialist Republic (USSR) atau negara yang kita kenal sebagai Uni Soviet. Saat ini, Kazakhstan merupakan negara terbesar yang tidak mempunyai garis pantai sama sekali (landlocked). Negara ini juga merupakan satu-satunya negara tanpa pantai yang masuk kedalam daftar 10 negara terbesar di dunia.

Baca Juga : 6 Negara Ini Dikenal Punya Populasi Laki-Laki Ganteng

3. Argentina (2.78 juta km2)

Argentina merupakan negara ke 8 terbesar di dunia dan merupakan negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Negara ini memiliki luas 2.78 juta km2 dan mencakup topografi serta iklim yang sangat bervariasi.

Daerah rawa tropsi di Utara tampak kontras jika dibandingkan dengan daerah es beriklim kutub di Selatan. Patagonia, salah satu lokasi paling spektakuler dan berbahaya di dunia teletak di Argentina. Wilayah ini terbentang dari pegunungan Andes bagian selatan di bagian Timur hingga samudra Atlantik di Timur. Daerah paling Selatan Argentina, Cape Horn merupakan salah satu daerah dengan badai terbanyak di dunia.

4. India (3.29 juta km2)

Batas-batas wilayah India sudah mengalami perubahan berkali-kali selama satu abad terakhir ini. Sekarang, India mengklaim wilayah Kashmir Utara dalam perseteruannya dengan Pakistan.

India mengklaim bahwa Kashmir Utara merupakan wilayah India sepenuhnya, Pakistan tidak memiliki hak sama sekali. Jika kita tidak memperhitungkan wilayah Kashmir Utara, luas wilayah daratan India adalah 3.29 juta km2.

Negara ini berbatasan dengan China, Pakistan, dan Nepal, tiga negara besar di Asia. India memiliki bentang alam yang sangat beragam, mulai dari pegunungan tinggi Himalaya berlapis es di Utara hingga pantai-pantai tropis di bagian Selatan. Secara geologis, India merupakan sub-benua nya sendiri yang dahulu terpisah dari benua Asia oleh Samudera Hindia.

5. Australia (7.69 juta km2)

Australia merupakan negara terbesar di Oseania dengan luas sekitar 7.69 juta km2, negara ini dua kali lebih luas jika dibandingkan dengan India. Negara ini sangat besar sehingga umumnya tidak diklasifikasikan sebagai sebuah pulau, melainkan sebuah benua sendiri yaitu Australia-Oseania.

Mayoritas penduduk Australia tinggal di kota-kota yang terletak pada daerah pesisir, seperti Sydney dan Melbourne di Timur dan Perth di Barat. Persebaran penduduk ini disebabkan oleh kondisi outback Australia yang sangat kering, gersang, dan panas.

Selain terkenal akan iklimnya yang ekstrim dan tidak bersahabat, Australia juga terkenal akan flora dan faunanya yang unik dan kerap dianggap berbahaya bagi manusia.

 

Related posts