Daftar Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia

1

Daftar Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia – Setiap negara pasti memiliki militer untuk dapat melindungi sebuah negara. Angkatan udara merupakan salah satu militer terkuat yang pernah ada. Di dunia ini terdapat banyak negara yang mengaku-ngaku memiliki angkatan udara yang sangat kuat namun berikut adalah daftar nya

1. Tiongkok
Bukan yang terbaik, namun angkatan udara Tiongkok masuk sebagai kekuatan militer yang sangat diperhitungkan di dunia. Dilansir dari laman Rand Corporation, angkatan udara Tiongkok menjadi salah satu yang terbesar di dunia, meskipun tidak banyak teknologi canggih di dalamnya.

Menurut data yang dicatat dalam Global Fire Power, pada 2020 lalu militer Tiongkok berhasil menduduki peringkat 3 dunia. Namun, khusus untuk urusan persenjataan tempur di udara, Tiongkok masih kalah cukup jauh dengan negara-negara barat, seperti Amerika atau Inggris. Militer udara Tiongkok menggunakan 4.000 armada tempur, yang sebagian besarnya terdiri dari pesawat serang darat dan pesawat bomber. Tapi, hampir semua teknologinya tidak terlalu canggih.

Meskipun begitu, Tiongkok berbenah cukup baik. Pasalnya, kini Tiongkok memiliki unit tempur bernama Chengdu J-20, sebuah pesawat tempur yang digadang-gadang mampu menghalau pesawat tempur sekelas pesawat Eurofighter Typhoon buatan Eropa. Terlepas dari itu semua, secara keseluruhan harus diakui bahwa militer Tiongkok memang cukup menakutkan di Asia dan juga dunia.

2. Britania Raya
Jika dilihat secara keseluruhan, militer Inggris dan Britania Raya memang bukanlah yang terbesar di dunia. Tapi, khusus untuk angkatan udaranya, Inggris menjadi salah satu yang terbaik di muka Bumi. Ya, Royal Air Force atau RAF merupakan salah satu angkatan udara yang disegani di udara Eropa dan bahkan dunia.

RAF sendiri dibentuk tepat setelah Perang Dunia I berakhir pada 1918. Jadi, bisa dikatakan bahwa angkatan udara Inggris berusia cukup senior dan lebih dari 100 tahun menjaga langit Britania Raya. Hebatnya lagi, Inggris memiliki beberapa kapal induk dengan persenjataan canggih yang siap mengangkut armada tempur udara ke tengah samudra.

Baca Juga :Daftar Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2021

Diberitakan dalam laman resmi Royal Air Force, Inggris memiliki banyak armada tempur yang sangat canggih seperti Typhoon FGR4, dan F-35B Lightning. Bahkan, pemerintah Inggris tengah mengembangkan beberapa model pesawat tempur masa depan yang rencananya dinamakan Tempest dan The Lightweight Affordable Novel Combat Aircraft (LANCA).

3. Prancis
Prancis terkenal sebagai negara pembuat pesawat terbang. Faktanya, negara berpenduduk 68 juta jiwa tersebut memang terkenal dengan produk penerbangan mereka di bawah bendera Airbus. Memang, militer Prancis secara keseluruhan masih di bawah negara-negara lain macam Tiongkok dan Rusia. Namun, jika dilihat dari kekuatan udaranya, pasukan tempur Prancis boleh diadu dengan Inggris atau bahkan Rusia.

Seperti dicatat dalam laman Military Factory, salah satu armada tempur andalan Prancis adalah pesawat buatannya sendiri yang bernama Dassault Rafale. Kekuatan angkatan udara Prancis bukan hanya terletak pada kecanggihan dan kemandiriannya, melainkan juga dalam hal jumlah.

Menurut laman Global Fire Power, jumlah armada tempur udara milik Prancis adalah 1.229 buah, di mana jumlah pesawat tempurnya mencapai 269 unit. Selain itu, Prancis juga membuat helikopter perangnya sendiri dengan jumlah 651 unit. Satu lagi, sebanyak 45 armada tempur khusus juga siap digunakan oleh Prancis untuk mengacaukan radar musuh, mengendalikan misil jarak jauh, dan tentu saja bergerak tanpa terdeteksi alias siluman.

4. Israel
Secara keseluruhan, pada 2020 lalu posisi militer Israel berada di bawah Amerika, Rusia, Inggris, Tiongkok, dan bahkan Indonesia. Akan tetapi, jika dilihat dari kecanggihan teknologi yang digunakan dalam angkatan udara Israel, maka kekuatannya nyaris setara dengan Rusia dan bahkan Amerika Serikat.

Bukan tanpa sebab, Israel memiliki daftar pesawat tempur yang diklaim sebagai armada termahal di dunia, yakni Lockheed Martin F-35 Lightning II, dicatat dalam laman Military Factory. Selain itu Israel juga memiliki banyak armada buatannya sendiri, seperti helikopter serang IAI EL/W-2085 dan jet tempur F-16I Sufa sebagai pengembangan dari F-16 Fighting Falcon.

Data yang dicatat dalam Global Fire Power pada 2020 lalu menyatakan bahwa Israel memiliki 589 armada tempur khusus angkatan udara. Sebagian besar dari jumlah tersebut didominasi oleh pesawat tempur dan helikopter serang.

Related posts