Italia

Militer Italia

Militer ItaliaItalia – ‘Republik Sosial Italia (bahasa Italia: Repubblica Sociale Italiana, RSI [ˈɛrre ˈɛsse ˈi]), dikenal juga sebagai Republic kota Salò (bahasa Italia: Repubblica di Salò, diucapkan [reˈpubblika di saˈlɔ]), adalah Negara Boneka Nazi Jerman pada masa akhir Perang Dunia ke-2 (dari 1943 sampai 1945). Dipimpin oleh Duce Benito Mussolini disokong oleh Partai Republik Fasisme. RSI mendeklarasikan Roma sebagai ibukota negara tercinta, namun secara de facto Pusat Pemerintahan RSI berada di Salò. Pertahan RSI terkuat berada di Utara Italia namun hal itu bergantung pada pasukan Jerman yang sedang mati-matian bertahan mundur.

Pada Bulan Juli 1943, setelah Pasukan Sekutu berhasil menghantam Italia di Afrika Utara dan kemudian menduduki Sisilia, Raja Vittorio Emanuele III, dengan bersama Dewan Fasis Nasional Italia mencopot jabatan dan menangkap Mussolini. Setelah Mussolini digulingkan Raja Emanuele III mendiskusikan Gencatan Senjata dengan Sekutu. Saat Gencatan Senjata di setujui kedua pihak, Nazi Jerman dengan cepat menginvasi wikayah utara Italia dan membebaskan mussolini dari penjara serta mendirikan Rezim Satelit yang Bernama Republik Sosial Italia.

RSI memproklamirkan kemerdekaanya pada 23 September 1943.RSI mengklaim wilayahnya adalah seluruh daratan lama Italia. Kemerdekaan RSI hanya diakui keberadaan nya dalam peta hanya oleh Negara-negara yang menandatangani Pakta Tripartit.

Angkatan darat

Unit yang lebih kecil seperti Brigade Hitam dan Decima Flottiglia MAS berjuang untuk RSI selama seluruh keberadaannya. Jerman merasa puas jika unit-unit ini mampu berpartisipasi dalam kegiatan anti-partisan. Sementara efektivitas mereka bervariasi, beberapa unit dapat melebihi ekspektasi.

Pada bulan Maret, sebagian besar dari Italienische Freiwilligen Sturmbrigade ke-1 yang dikirim ke Anzio dimana mereka berjuang bersama sekutu Jerman mereka, menerima laporan yang menguntungkan dan mengambil kerugian besar. Dalam pengakuan atas kinerja mereka, Himmler menyatakan unit akan terintegrasi ke dalam SS Waffen.

Pada tanggal 16 Oktober 1943, Protokol Rastenburg ditandatangani dengan Nazi Jerman dan RSI, mengizinkan untuk meningkatkan formasi divisi milter. Protokol ini memungkinkan Marsekal Rodolfo Graziani untuk meningkatkan empat divisi RSI menjadi sebesar 52.000 orang. Pada bulan Juli 1944, yang pertama divisi tersebut menyelesaikan pelatihan dan dikirim ke front-front.

Merekrut pasukan militer cukup sulit untuk RSI, sebagian besar tentara Italia telah ditahan oleh pasukan Jerman pada 1943, Banyak wajib militer Italia mengalami kerja paksa di Jerman dan beberapa ingin berpartisipasi dalam perang. RSI menjadi sangat putus asa untuk tentara yang memberikan kebebasan narapidana apakah mereka akan bergabung dengan tentara dan hukuman mati dikenakan kepada siapa saja yang menentang wajib militer. Pasukan militer Otonom di RSI juga berperang melawan Sekutu termasuk Decima Flottiglia MAS yang terkenal yang dipimpin Pangeran Junio ​​Valerio Borghese. Borghese tidak melakukan sumpah setia Mussolini dan bahkan mengusulkan bahwa ia akan membawa tawanan jika ia bisa.

Selama musim dingin 1944-1945, Italia bersenjata berada di kedua sisi Garis Gothic. Di sisi Sekutu empat kelompok Italia sukarelawan dari tentara Italia tua. Para sukarelawan Italia dilengkapi dan dilatih oleh Inggris. Di sisi Axis empat RSI divisi. Tiga dari divisi RSI, Italia 2 “Littorio” Divisi Infanteri, ke-3 Italia “San Marco” Marine Divisi, dan 4 Italia “Monte Rosa Alpine Divisi” dialokasikan ke LXXXXVII “Liguria” Tentara di bawah Graziani dan ditempatkan untuk menjaga sisi barat Garis Gothic menghadapi Perancis. Divisi RSI keempat, Italia 1 “Italia” Divisi Infanteri, telah terpasang ke 14 Tentara Jerman di sektor Pegunungan Apennine pikir paling tidak mungkin akan diserang.

Pada tanggal 26 Desember 1944, beberapa unit militer RSI yang cukup besar, termasuk elemen dari Italia 4 “Monterosa Divisi” Alpine Divisi dan ke-3 Italia “San Marco” Marine Divisi, berpartisipasi dalam Winter Storm Operasi. Ini adalah serangan Jerman dan Italia gabungan terhadap Divisi Infanteri 92. Pertempuran telah berjuang di Apennines. Sedangkan dalam skala terbatas, ini adalah serangan sukses dan unit RSI melakukan bagian mereka.

Pada bulan Februari 1945, Divisi Infanteri 92 lagi datang melawan unit RSI. Kali ini Bersaglieri dari Italia 1 “Italia” Divisi Infanteri. Italia berhasil menghentikan muka divisi AS. Menter Pertahanan RSI, Rodolfo Graziani, bahkan bisa mengatakan bahwa ia memerintahkan seluruh Angkatan Darat. Ini adalah Tentara Italo-Jerman Liguria Group.

Pada tanggal 29 April, Graziani menyerah dan hadir di Caserta ketika wakil dari Jerman Heinrich von Umum Vietinghoff-Steel menandatangani instrumen menyerah tanpa syarat untuk semua pasukan Axis di Italia. Tapi, karena Sekutu tidak pernah diakui RSI, tanda tangan Graziani itu tidak diperlukan di Caserta menyerah itu. Berlaku pada 2 Mei. Graziani memerintahkan pasukan RSI di bawah komandonya untuk meletakkan senjata mereka pada tanggal 1 Mei.

Angkatan udara

Angkatan Udara Nasional Republik (Aeronautica Nazionale Repubblicana atau PPA) adalah angkatan udara Republik Sosial Italia dan juga unit udara Tentara Nasional Republik dalam Perang Dunia II. organisasi taktis nya adalah: 3 Fighter Groups, 1 Air Torpedo Bomber Group, 1 Bomber Group dan lain Transportasi dan minor unit. PPA ini bekerja sama dengan Luftwaffe Jerman di Italia Utara bahkan jika Jerman gagal mencoba membubarkan PPA mereka memaksa pilot untuk mendaftarkan diri di Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe). Pada tahun 1944, setelah penarikan semua unit pesawat tempur Jerman dalam upaya untuk menghentikan serangan Sekutu yang meningkat di daratan Jerman, kelompok pejuang PPA ditinggalkan sendirian dan sangat kalah jumlah, untuk menghadapi serangan udara Sekutu yang besar atas Italia Utara. Dalam waktu operasi tahun 1944 dan 1945 PPA berhasil menembak jatuh 262 pesawat Sekutu dengan hanya 158 kecelakaan.

Angkatan laut

Sangat sedikit dari Regia Marina memilih untuk berpihak pada RSI. RSI Nasional Republik Angkatan Laut (Marina Nazionale Repubblicana atau MNR) hanya mencapai dua puluh ukuran armada Italia co-garang. Angkatan Laut RSI sebagian besar terdiri dari empat Motor Torpedo Boats (juga dikenal sebagai Torpedo Bersenjata Perahu motor atau Motoscafo Armato Silurante atau MAS), dua kapal anti-kapal selam, dan berbagai kapal ringan lainnya. Ada juga kapal selam cebol lima ditempatkan di Italia utara dan satu lagi kapal selam cebol lima ditempatkan di Rumania di Laut Hitam. Kelima kapal selam ditempatkan di Italia utara semua memilih untuk bergabung dengan Angkatan Laut RSI. Karena tunggakan pembayaran pemeliharaan, hanya empat dari kapal selam di Rumania dikembalikan ke RSI.

Related posts