Kekuatan Ekonomi Brunei Darussalam

Brunei Darussalam

daftarnegaraterkuat.web.id – Kekuatan Ekonomi Brunei Darussalam, negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak dan Sabah.

Saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju.

Baca juga : Kekuatan Ekonomi Irlandia

Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas.

Siapa sangka negara tetangga Indonesia ini masuk ke daftar negara terkaya di dunia?Adanya ladang minyak dan gas menjadi faktor utama besarnya pendapatan negara ini. Udah gitu jumlah penduduknya jauh lebih sedikit dibanding jumlah penduduk Indonesia.

Besaran gaji di Brunei bisa dibilang beda-beda, tergantung jenis pekerjaannya. Namun gaji minimal yang diberikan setiap bulannya sekitar 800 dolar Brunei atau sekitar Rp 8,2 juta.

Related posts