Kekuatan Ekonomi Jerman

Kekuatan Ekonomi Jerman

daftarnegaraterkuat.web.id – Jeman memiliki Posisi ekonomi dan politik yang sangat penting bagi Eropa maupun dunia. Negara ini juga menjadi kunci keanggotaan organisasi Uni Eropa.

Baca juga : Kekuatan Ekonomi Jerman

Meskipun negara-bangsa Jerman modern baru terbentuk pada tahun 1871 seusai Perang Perancis-Prusia, satuan-satuan politik di wilayah ini telah lama memainkan posisi penting dalam era monarki di Eropa sejak penguasaan oleh Kekaisaran Romawi menjelang era modern (Masehi) hingga berakhirnya Perang Napoleon. Penyatuan wilayah Eropa Tengah pada masa Karl Yang Agung (Charlemagne), pemimpin Kerajaan Franka, pada abad ke-8 menjadi rintisan terbentuknya suatu imperium konfederatif berusia hampir 1000 tahun yang dikenal sebagai Imperium Romawi Suci. Imperium ini sangat mewarnai budaya feodal di seluruh Eropa serta menjadi pusat Reformasi gereja kristen pada abad ke-16 yang melahirkan Protestantisme.

Jerman adalah anggota G8, G20, menduduki urutan keempat dalam Produk Domestik Bruto dan urutan kelima dalam Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (2009), urutan kedua negara pengekspor dan urutan kedua negara pengimpor barang (2009), dan menduduki urutan kedua di dunia dalam nilai bantuan pembangunan dalam anggaran tahunannya (2008).

Jerman juga dikenal sebagai negara dengan sistem jaringan pengaman sosial yang baik dan memiliki standar hidup yang sangat tinggi. Jerman dikenal sebagai negara dengan penguasaan ilmu dan teknologi maju di berbagai bidang, baik ilmu-ilmu alamiah maupun sosial dan kemanusiaan,

selain sebagai negara yang banyak mencetak prestasi di bidang keolahragaan, seperti Formula Satu, sepak bola, dan lain-lain. Jerman dianggap sebagai negara yang sangat menghidupkan dunia. Dengan kata lain, Jerman juga merupakan negara yang memengaruhi keadaan perekonomian/bursa saham dunia.

Baca juga : Kekuatan militer Rusia

Kategori perusahaan menengah-kecil, dalam istilah internasional disebut small and medium enterprises (SME), di Jerman, Austria dan Swiss disebut Mittelstand adalah: memiliki kurang dari 500 pekerja dan omset dari 50 juta sampai 500 juta euro. Di Jerman, kalangan Mittelstand ini yang sering disebut sebagai kampiun ekonomi, karena mereka menyerap paling banyak tenaga kerja dan menjamin stabilnya perekonomian.
“Profesionalisme bagi saya adalah melakukan sesuatu yang benar-benar Anda kuasai”, kata Steffen Lange. Itu sebabnya, perusahaan profesional harus selalu menyesuaikan diri dengan perubahan dan kondisi zaman.
60 persen tenaga kerja di Jerman bekerja di sektor Mittelstand, yang menghasilkan lebih dari 50 persen PDB. Tapi sekarang, ada masalah besar dengan demografi Jerman. Penduduknya makin tua, sementara angka kelahiran terlalu rendah. Sekarang saja, Jerman sudah kekurangan sekitar 80 ribu tenaga ahli di berbagai bidang kerja.

Related posts