Kekuatan Ekonomi Luksemburg

Kekuatan Ekonomi Luksemburg

daftarnegaraterkuat.web.id – Kekuatan Ekonomi Luksemburg, Walau negara kecil, Luksemburg menjadi negara terkaya di dunia nomor dua. Awalnya Luksemburg merupakan negara agraris. Namun masuknya industri mengubah negara ini secara signifikan.

Bergantung pada sektor perbankan, baja, dan industri. Luksemburg adalah salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Luksemburg memiliki industri yang terdiversifikasi, berbeda dengan Qatar yang bergantung pada minyak bumi.

Baca juga : Kekuatan Ekonomi Brunei Darussalam

Pada tahun 2005, 46% produk domestik bruto Luksemburg berasal dari sektor keuangan. Pada tahun 2013, produk domestik bruto Luksemburg tercatat sebesar $60,54 miliar, dengan 86% di antaranya merupakan sektor jasa (termasuk sektor keuangan). Sektor keuangan meliputi 36% PDB, industri 13,3%, dan agrikultur hanya 0,3%.

Gak cukup sampai di situ, Luksemburg juga didukung bisnis finansial yang tentu aja berkontribusi buat perekonomiannya. Apalagi negara ini juga terkenal karena banknya yang menjaga ketat data nasabahnya.

Kabarnya nih, kebanyakan aset Kim Jong-il, ayah dari Kim Jong-un, disimpan di salah satu bank di negara ini.

Kisaran gaji minimal di Luksemburg mencapai US$ 2.257 atau sekitar Rp 29 jutaan per bulan. Gaji ini lebih besar dari gaji di Irlandia dan merupakan nomor satu terbesar di Eropa.

Related posts