Kekuatan Ekonomi Qatar

Kekuatan Ekonomi Qatar

daftarnegaraterkuat.web.id – Kekuatan Ekonomi Qatar, sebuah negara emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Satu-satunya batas darat mereka adalah Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia.

Setelah berada di bawah kekuasaan Utsmaniyah, Qatar menjadi protektorat Inggris pada awal abad ke-20 hingga merdeka pada tahun 1971. Qatar dipimpin oleh Keluarga Thani sejak awal abad ke-19. Syekh Jassim bin Mohammed Al Thani adalah pendiri Qatar.

Baca juga : Kekuatan Ekonomi Luksemburg

Negara terkaya di dunia nomor satu ternyata dari Timur Tengah. Bukan Arab Saudi, melainkan Qatar.

Qatar bisa kaya seperti sekarang karena ladang gas alam terbesar yang kebetulan ada di tanah mereka. Kontan aja negara ini kemudian menjadi negara eksportir gas alam terbesar di dunia meski dulunya bisa dibilang negara miskin.

Di bawah pengelolaan pemerintah yang baik, Qatar menggratiskan biaya pendidikan, kesehatan, air, dan listrik. Ditambah lagi subsidi bantuan perumahan. Seakan pundi-pundi kekayaannya masih kurang, Qatar memanfaatkan pendapatannya sebagai modal investasi di berbagai negara.

Di balik predikatnya sebagai negara terkaya di dunia, gaji di Qatar ternyata gak sebesar yang dibayangkan lho. Gaji minimal di sana sekitar 1.200 rial Qatar atau Rp 4,6 juta aja. Sementara buat pekerja migrannya, minimal Rp 2,6 juta per bulan.

Dari lima negara terkaya di dunia ini, ada gak yang menarik minat kamu? Apa kamu minat kerja di sana dan rela meninggalkan keluarga di Indonesia? Share di kolom komentar yuk!

Related posts