Kekuatan Negara Britania Raya

Kekuatan Negara Britania Raya

Daftarnegaraterkuat.web.id – Anggota tetap lain Dewan Keamanan PBB, Inggris, yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, adalah negara yang sangat maju yang berlokasi di Eropa Barat. Meskipun saat ini dikelilingi oleh ketidakpastian karena Brexit yang terkenal, Inggris tetap menjadi salah satu negara paling kuat di dunia.

Seperti Prancis, Britania Raya adalah negara nuklir resmi dan merupakan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Britania Raya memiliki salah satu angkatan laut terbaik di dunia serta salah satu badan intelijen asing yang paling hebat, Secret Intelligence Service, umumnya dikenal sebagai MI6.

Britania Raya memiliki pengaruh ekonomi dan politik yang sangat kuat dan telah lama menjadi pelopor di berbagai bidang seperti teknologi, mode, budaya, seni, dan ilmu pengetahuan. Dikenal karena memiliki standar hidup yang tinggi, Britania Raya juga telah menghasilkan beberapa dokter paling berprestasi dalam sejarah, karena itu Britania Raya termasuk dalam daftar 10 negara teratas dengan dokter terbaik di dunia.

Baca juga : Kekuatan Dari Negara Arab Saudi

Britania Raya merupakan salah satu negara maju di dunia dengan pendapatan perkapita sebesar US$ 42.500,-. Britania Raya atau United Kingdom ini juga merupakan negara yang memiliki ekonomi terbesar ke-9 di dunia dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$ 2,788 trilun. Di Eropa, Britania Raya menduduki urutan kedua setelah Jerman. Beberapa industri penting di Britania Raya diantaranya adalah Permesinan, peralatan listrik, perangkat elektronik dan komunikasi, industri otomotif, perkapalan, pesawat terbang, perminyakan dan pengolahan makanan. Merek-merek Internasional yang terkenal seperti perusahaan perminyakan BP, perusahaan Otomotif Roll Royce dan perusahaan perbankan HSBC merupakan perusahaan-perusahaan dari Inggris yang juga bagian dari Britania Raya.

Luas wilayah Britania Raya adalah sebesar 243.610 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 64.430.428 jiwa. Mayoritas penduduknya adalah etnis kulit putih yaitu sekitar 87,2% dan beragama Kristen (59,5%). Kota-kota besar Britania Raya diantaranya adalah London, Manchester, Birmingham, Glasgow, Southampton/Portsmouth dan Liverpool.

Di hubungan luar negeri, Britania Raya merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki Hak Veto. Inggris juga merupakan anggota Negara Persemakmuran (Commonwealth), NATO, OECD, G7, G8 dan G20.

Related posts