Negara dengan Militer Terkuat di Benua Asia

Negara dengan Militer Terkuat di Benua Asia

Daftarnegaraterkuat.web.id – Seluruh negara tentu memiliki angkatan militer untuk melindungi kedaulatan negaranya. Namun tentu saja setiap negara memiliki kekuatan militer yang berbeda. Hal ini diukur dari beberapa indikator termasuk didalamya adalah anggaran belanja militer, jumlah tentara yang dimiliki, dan juga jumlah kendaraan tempur yang dimiliki.

Tahun ini Global Firepower Index (GFI) merilis urutan negara-negara dengan militer terkuat. Dimana diikuti lebih dari 136 negara diseluruh dunia. Amerika Serikat (AS) kembali menjadi negara dengan militer terkuat di seluruh dunia, disusul oleh Rusia dan juga China. Lantas Indonesia mendapatkan urutan keberapa ke dunia?

1. Rusia
Rusia menduduki posisi ketiga dunia dengan kekuatan militer terkuat, posisi ini telah diperoleh di tahun sebelumya. Rusia memiliki 3.914 jet tempur dan 62 kapal selam. Selain itu, anggaran belanja militer sebesar USD 47 miliar.

Kabarnya, Rusia juga memiliki senjata baru yang disebutkannya antara lain rudal jelajah yang katanya bisa ‘mencapai titik manapun di dunia.’ Wow luar biasa bukan?.

2. China
Negara China menempati posisis kedua Asia, dan menempati posisi ketiga dunia. China memiliki personil militer aktif sebanyak 2.183.000 orang, 7.716 teng tempur dan menyediakan anggaran belanja militer yang cukup fantastis yakni sebesar USD 151 miliar. Moderinisasi militer yang dilakukan oleh Presiden Xi baru baru ini telah menimbulkan kekhawatiran di Asia dan Washington.

3. India
Posisi ketiga militer terkuat di Asia diduduki oleh India. Sedangkan untuk di dunia, India menduduk peringkat keempat. Meski kedengaranya India baik-baik saja bukan berarti kekuatan militer disana akan lengah dan berleha-leha. Personil militer aktif di India mecapai 1.362.500, 2.185 pesawat tempur dan teng tempur sebanyak 4.426. Selain itu pemerintah melontarkan dana belanja militer sebesar USD 47 miliar.

4. Jepang
Kekuatan militer Jepang berada di posisi keempat Asia dan posisi kedelapan dunia. Personil aktif Jepang terbilang sedikit dibanding personil militer negara-negara sebelumnya, hanya 257.157 personil. Jepang memiliki kendara perang berlapis baja sebanyak 3.178 dan anggaran belanja militer sebesar USD 44 miliar. Sebagai negara kepulauan, angkatan militer Jepang sangat kuat pada zona laut.

Baca Juga : Beberapa Negara dengan Militer Udara Terkuat di Dunia

5. Turki
Meski posisi angkatan militer Turki berada di bawah Jepang, namun personil aktif negara ini tidak kalah banyak, yakni mencapai 350.000 personil. Selain ini jumlah pesawat temu dan teng tempur juga tidak kalah dengan Jepang. Namun dana angaran belanja militer Turki jauh dibawah Jepang, yakni hanyak USD 10.2 miliar.

6. Iran
Iran berada pada posisi ke enam Asia dan ke-13 dunia. Konflik yang terjadi antara Iran dengan Israel selalu melibatkan angkatan militer dari kedua negara ini. Posisi negara Israel sebagai lawanya berada tiga tingkat dibawahnya. Walaupun secara alat tempur Iran lebih sedikit dibanding Israel, namun personil aktif Iran lebih banyak dari Israel.

7. Indonesia
Indonesia di tahun ini menempati posisi ke-17 dunia, namun dalam lingkup Asia Indonesia berada di urutan ke-7. Indonesia memiliki personil aktif sebanyak 435.750, 478 pesawat tempur dan sebanyak 418 teng perang. Untuk anggaran belanja militer pemerintah melontarkan sebanyak USD 6.9 miliar lebih banyak dibanding dengan Iran.

Related posts