Negara Dengan Polisi Terbaik Dan Terbanyak Di Dunia

Negara-Dengan-Polisi-Terbaik-Dan-Terbanyak-Di-Dunia

daftarnegaraterkuat – Petugas kepolisian tak dipungkiri sangat diperlukan suatu negara. Mereka dibutuhkan guna menghadapi berbagai persoalan internal yang bisa saja terjadi setiap harinya. Sebut saja aksi unjuk rasa, kerusuhan maupun penanganan terhadap rangkaian aksi kriminal menjadi tugas berat korps kepolisian.

Ia juga dituntut bahu membahu bersama tentara untuk menciptakan keamanan negara demi terciptanya kenyamanan terhadap warganya. Dilansir dari laman boombastis.com, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan menyarankan jumlah personel polisi standard-nya yakni 222 personel untuk 100 ribu orang penduduk.

Jika hal itu telah terpenuhi, maka sebuah negara bisa dikatakan kondusif. Berikut negara-negara dengan jumlah personel kepolisian terbaik dan terbanyak di dunia.

Tiongkok (1,6 juta personel)

Selain memiliki jumlah tentara terbanyak di dunia, Tiongkok juga menerapkannya pada korps kepolisian mereka. Sebanyak 1,6 juta polisi disiapkan untuk menjaga stabilitas negeri tirai bambu. Namun, ternyata jumlah kepolisian sebanyak itu belum cukup mengimbangi jumlah penduduknya yang mencapai miliaran orang sehingga jumlahnya dianggap belum ideal.

Akibatnya, penekanan terhadap tindak kriminalitas masih sangat sulit dilakukan. Apalagi marak oknum polisi Tiongkok sendiri yang malah terlibat aksi kejahatan, seperti pemalakan, judi hingga praktik korupsi. Khusus untuk kasus korupsi, salah satu kepala polisi Tiongkok, Zhou Yongkang justru ditahan gara-gara terlibat di dalamnya.

India (1.585.000 personel)

Negeri Hindustan juga ternyata memiliki jumlah polisi yang angkanya fantastis, yakni lebih dari 1,5 juta anggota. Namun, lagi-lagi hal itu belum memenuhi standard PBB. Pasalnya, jika dibandingkan dengan total penduduk India yang nyaris tembus angka 1,2 miliar, rata-rata hanya ada sekira 120 petugas untuk 100 ribu orang. Namun, kepolisian India juga dikenal dengan stigma buruknya. Sebut saja maraknya aksi penyuapan hingga penyiksaan terhadap tahanan selama menjalani proses hukum kerap terjadi di negara itu.

Amerika Serikat (794.300)

Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu negara dengan kekuatan armada polisinya yang besar. Hampir menembus angka sajuta anggota, prestasi yang ditorehkan kepolisian negeri Paman Sam itu juga mengagumkan.
Ya, AS tercatat sebagai negara dengan penanganan kriminal terbaik di dunia. Hal inilah yang membuat kepolisian Amerika digelara polisi dengan rasio penahanan tersangka tertinggi sejagat.

Baca Juga :5 Negara Dengan Pertanian Eksportir Terbesar Di dunia

Rusia (782 ribu personel)

Luasnya wilayah Rusia menuntut negara itu untuk memperkuat armada kepolisiannya di samping juga militernya. Merujuk pada standard PBB, jumlah kepolisiani Rusia sudah sangat ideal. Di mana 546 personel untuk 100 ribu orang penduduk. Jumlah tersebut bahkan dua kali lipat dari standard PBB itu sendiri.

Namun, tetap saja, pemerintah Rusia masih kerepotan mengawasi kinerja satu per satu polisinya. Tidak sedikit dari mereka justru berkomplot dengan mafia dan terlibat kejahatan lainnya seperti penjualan senjata, human trafficking hingga praktik korupsi.

Indonesia (579 ribu personel)

Indonesia menjadi negara satu-satunya di Asia Tenggara dengan jumlah kepolisian terbesar dan telah memenuhi standard yang direkomendasikan PBB. Jika PBB tadi menyarankan 222 petugas polisi untuk mengawal per 100 ribu orang penduduk, Indonesia jelas sudah melampauinya dengan memiliki 243 personel. Secara keseluruhan jumlah anggota kepolisian Indonesia mencapai 579 ribuan orang. Namun ironisnya, jumlah itu tidak cukup mampu menekan angka kriminalitas di negara besar macam Indonesia.

Masih sering juga ditemukan perilaku oknum polisi yang justru bertentangan dengan tugas dan fungsinya. Celah inilah yang kemudian dimanfaatkan betul oleh para penjahat untuk melancarkan berbagai kejahatan di negara itu.

Related posts