Negara dengan Senjata Nuklir Terkuat di Dunia

Negara dengan Senjata Nuklir Terkuat di Dunia

Negara dengan Senjata Nuklir Terkuat di Dunia – Kepemilikian senjata nuklir sering kali digunakan menjadi seimbol kekuatan suatu negara. Kebanggaan memiliki senjata nuklir ini malah menjadi bahaya lantaran adanya persaingan menjadi yang paling kuat antar negara-negara tersebut. Senjata nuklir yang digunakan di dunia sejak perang dingin memang telah menurun. Hulu ledak yang pernah, ada turun dari angka 70.300 di tahun 1986 menjadi sekitar 14.200 di awal 2018. Meskipun mengalami penurunan, namun negara-negara berikut ini masih memiliki senjata nuklir terkuat hingga saat ini.

Berikut ini merupakan daftar negara dengan nuklir terkuat di dunia:

1. Rusia
Rusia dilengkapi dengan 7.000 hulu ledak nuklir, dan 2.000 di antaranya telah siap digunakan kapan saja. Senjata nuklir pertamanya diujicoba pada tahun 1949. Sebelumnya selama perang dingin Rusia memiliki 45.000 hulu ledak nuklir di tahun 1986. Bom nuklir yang pernah menjadi ledakan terkuat adalah Tsar Bomba, yang diujicoba pada tahun 1961. Totalnya Rusia membuat 55.000 hulu ledakan nuklir sejak tahun 1949.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara yang menggunakan senjata nuklir pertama kali dalam pertempuran. Proyek uji coba pertamanya adalah “Trinity”. Negara ini melakukan pengeboman di Hirosima dan Nagasaki dan mengakhiri Perang Dunia ke II di tahun 1945. Saat ini Amerika memiliki 6.800 hulu ledak nuklir dan 1800 diantaranya siap untuk digunakan. Amerika Serikat pernah memiliki sekitar 31.175 hulu ledak nuklir pada tahun 1966. Total hulu ledak nuklir yang pernah dimiliki Negara Paman Sam ini sebanyak 70.000.

3. Prancis
Saat ini, Prancis memiliki 300 hulu ledak nuklir dan hampir semuanya siap untuk digunakan. Prancis mulai mengembangkan senjata nuklir sejak Perang Dingin. Uji coba pertama senjata nuklirnya dinamai “Gerboise Bleue” yang diluncurkan tahun 1960.

4. China

China pernah mengujicoba senjata nuklir pertamanya yang diberi nama “596” pada tahun 1964. Negara tirai bambu ini memang menyimpan rahasia mengenai senjata yang dimilikinya. Namun, diperkirakan China memiliki sekitar 270 senjata nuklir saat ini. China memiliki sebuah komitmen untuk tidak menggunakan nuklir sebagai senjata, kecuali negara lain yang menyerang mereka menggunakan nuklir.

5. Inggris
Kerjasama antara Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada selama Perang Dunia II menghasilkan senjata nuklir pertamanya. Negara ini pertama kali melakukan ujicoba nuklir pada tahun 1952. Saat ini, negara Ratu Elizabeth ini memiliki 215 hulu ledak nuklir dan 120 diantaranya siap untuk dikerahkan. Senjata nuklir yang dimiliki ini disebar melalui laut dengan empat kapal selam yang dilengkapi dengan rudal Trident II.

6. Pakistan
Pakistan melakukan uji coba nuklir pertama pada tahun 1998. Saat ini diperkirakan Pakistan memiliki sekitar 120-130 hulu ledak nuklir.

Baca juga: Pasukan khusus Indonesia yang ditakuti 

7. India
India melakukan uji coba nuklir yang dikenal sebagai “Smiling Buddha” pada tahun 1974.Peluncuran senjata ini mendapatkan kecaman dari negara-negara lainnya. Saat ini, negara ini memiliki 110-120 hulu ledak nuklir.

8. Israel
Walaupun tidak mengakui mengenai kemampuan nuklir yang dimiliknya, tetapi para ahli tetap percaya bahwa negara ini memiliki senjata nuklir. Diperkirakan saaat ini Israel memiliki 80-400 hulu ledak nuklir.

9. Korea Utara
Korea Utara memang secara terang-terangan mengakui bahwa mereka mengembangkan senjata nuklir, dan siap menggunakannya. Ujicoba nuklir pertamanya pada tahun 2006.Sampai saat ini belum diketahui berapa banyak hulu ledak nuklir yang dimiliki negara ini.

Related posts