Negara dengan Zone Ekonomi Eksklusif Terluas

Negara dengan Zone Ekonomi Eksklusif Terluas

Negara dengan Zone Ekonomi Eksklusif Terluas – Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah artikel yang kami rangkum dari sumber terpercaya, berikut ini beberapa artikel yang membahas mengenai negara dengan zona ekonomi eksklusif terluas di dunia.

Zona Ekonomi Ekslusif merupakan area laut yang menjadi hak dari suatu negara untuk melakukan berbagai eksplorasi dan diambil berbagai Sumber Daya Alam yang ada di area tersebut. Teritori ZEE ditetapkan sejauh 200 mil atau 321,8 km dari garis pantai yang ada di suatu negara tersebut. Namun, terkecuali jika negara tersebut memiliki luas laut yang terbatas dan berbatasan pada negara lain, sehingga kedua negara harus mendelineasi batasnya.

Maka dari itu, negara dengan ZEE terluas di dunia yang pastinya harus kalian ketahui. Buat kalian yang ingin tahu apa saja negaranya, maka langsung saja simak daftar negaranya di bawah ini.

1. Indonesia

Pertama terdapat negara Indonesia yang memiliki ZEE terluas ke enam di dunia, yang mana luasnya mencapai 6,159,032 km persegi. Indonesia termasuk salah satu negara dengan ZEE terbesar karena terdiri dari kepulauan dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan terdiri lebih dari 7.000 pulau besar dan kecil.

Selain itu, Indonesia juga negara dengan luas pesisir terbesar ketiga di dunia, yang juga mempengaruhi besaran zona ekonomi eksklusif negara ini. Di sisi lain, Indonesia juga memiliki sumber daya laut yang besar baik dari segi perikanan maupun SDA lainnya.

2. Britania Raya

Pada peringkat kelima terdapat Britania Raya yang memiliki luas ZEE mencapai 6,805,586 km persegi. ZEE dari Britania Raya meliputi seluruh wilayah negara ini di Eropa, beserta berbagai wilayah terluarnya yang ada di Samudra Atlantik, Pasifik dan Hindia. Tak heran apabila negara ini memiliki salah satu ZEE terbesar di dunia dan tentunya mempunyai SDA laut yang melimpah.

3. Rusia

Rusia menjadi negara dengan ZEE terluas keempat di dunia yang luasnya mencapai 7,566,673 km persegi. Luas ZEE negara ini lebih banyak di area utara sekitar Lautan Artik dan sebelah timur negara ini tepatnya di Laut Bering dan Okhotsk. Namun Rusia juga memiliki masalah perbatasan delineasi ZEE dengan negara lain, seperti Korea Utara dan Norwegia.

Baca Juga:Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

4. Australia

Pada peringkat ketiga terdapat Australia yang mempunyai luas ZEE sebesar 8,505,348 km persegi. Besarnya ZEE wilayah negara ini dikarenakan terdiri dari sebuah benua yang luas, sehingga memiliki luas pesisir yang besar. Selain itu, Australia juga memiliki wilayah kecil terluar seperti Pulau Natal, Cocos, Norfolk dan lainnya.

5. Amerika Serikat

Berikutnya ada Amerika Serikat yang berada di posisi kedua sebagai negara ZEE terluas di dunia. Negara Paman Sam ini memiliki luas ZEE sebesar 11,351,000 km persegi yang meliputi wilayah pesisir utamanya di Samudra Atlantik, Pasifik dan Teluk Meksiko. Di samping itu, negara ini juga memiliki wilayah terluar seperti Alaska dan kepulauan di tengah Samudra Pasifik seperti Hawaii, Guam, Saipan dan lainnya.

Related posts