Negara Muslim dengan Militer Terkuat Di Dunia

Negara Muslim dengan Militer Terkuat Di Dunia

Daftarnegaraterkuat.web.id – Situs polling Amerika, Thetoptens.com telah melakukan pemungutan suara yang melibatkan 2000 orang, dimana ada beberapa negara muslim teratas dengan kekuatan militer yang luar biasa. Ternyata Indonesia masuk dalam daftar tersebut. Berikut beberapa Negara Muslim dengan kekuatan militer yang luar biasa:

1. Pakistan
Pakistaan merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak. Jumlah penduduk yang banyak ini ikut berpengaruh kepada total tentara yang mereka miliki. Saat ini Pakistan memiliki kurang lebih 935 ribu tentara yang terdiri tentara aktif, cadangan dan paramiliter.

Selain jumlah tentara yang banyak, negara muslim ini juga didukung oleh fasilitas militer yang luar bisa dan jangan dilupakan juga bahwa mereka punya senjata nuklir yang mematikan. Tak heran jiga Pakistan menempati urutan pertama sebagai Negera Muslim dengan kekuatan militernya.

2. Turki
Menurut situs Global Firepower, militer Turki berada di peringkat 8 dari 113 negara terkuat didunia. Negara Kebab ini memiliki 514.000 personel militer aktif. Mereka ini disokong oleh alutsista yang cangih seperti Jet tempur F16 multirole fighter dengan rudal udara ke udara AIM – 120, KORAL Ground-Based Jammer dan Kapal selam kelas Gur.

Biacara parameter kekuatan militer tidak hanya soal jumlah tentara dan alutsista saja, tapi juga pendanaan. Negara bekas Kesultanan Ottoman ini menjadi salah satu negara dengan budget militer terbesar di Asia dan Eropa. Dimana, anggaran untuk pertahanan sebesar $25 miliar atau setara dengan Rp362 triliun.

3. Bangladesh
Meskipun Bangladesh merupakan negara miskin, namun jangan remehkan kekautan militer negera muslim ini. Saat ini, angkatan bersenjata Bangladesh, Bangladesh Shoshstro Bahini memiliki 225 ribu personel militer aktif. Negera ini ditakuti bukan karena jumlah militernya, namun kerena alutsista.

Terhitung Bangladesh memiliki 534 tank tempur, 942 kendaraan tempur lapis baja dan 32 proyketor roket. Kekuatan militer mereka didukung anggaran pembelian sebesar $686 miliar atau setara dengan Rp99 ribu triliun.

4. Iran
Saat ini angkatan bersenjata Iran diperkirakan berjumlah 534.000 orang ditambah 400.000 komponen cadangan. Totalnya 934.000 orang.

Selain jumlah personel militer yang cukup banyak, Negeri Para Mullah ini juga memiliki peralatan senjata yang cangih seperti drone serbu, rudal terpandu laser, dan rudal antimisil Rusia, S-300. Iran juga tidak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan isi dompet demi mempersenjatai pasukannya. Negera muslim ini siap menggelontorkan dana sebesar $1.631.000.000.000.

5. Arab Saudi
Arab Saudi memiliki jumlah personil militer 256.000 personil dengan 231.000 personel aktif dan 25.000 cadangan. Meskipun jumlah personil militernya sedikit Negara Padang Pasir ini memiliki kekuatan alutsista yang mempehuni dan semua dibeli dari Amerika Serikat.

Negara muslim ini membeli tak kurang dari 500 tank kelas berat M1 Abrams dari Amerika untuk pasukan darat mereka. Sedangkan untuk pasukan udara, Arab diperkuat dengan helikopter serbu AH-64D. Heli legendaris yang sudah terkenal kemampuannya sebagai penghancur tank dan ranpur.

Untuk angkatan laut kerajaan Saudi, mereka memiliki empat kapal korvet kelas Badar yakni 612 Badr, 614 Al-Yarmook, 616 Hitteen dan 618 Tabuk. Tentunya semua itu didukung oleh pendanaan yang luar bisa mencapai $1.789.000.000.000.

Baca Juga : Beberapa Negara Kuat Walau Memiliki Pasukan Yang Sedikit

6. Mesir
Mesir merupakan angaktan bersenjata terbesar di Benua Afrika dengan total personil militer mencapai 1 juta orang. Kekuatan darat Negeri Piramid ini difasilitasi dengan 4000 tank, 15000 kendaraan tempur lapis baja dan kendaraan peluncur roket sebanyak 1000.

Sedangakan untuk kekuatan udara, Mesir memiliki total 1000 pesawat tempur. Untuk angkatan luat, negera muslim ini memiliki 319 kapal perang yang siap tempur.

Dengan kekautan militer seperti itu, maka tidak heran jika Mesir menempati urutan ke-12 dari 136 negara terkuat di dunia.

7. Indonesia
Dengan populasi penduduk terbesar setelah Tiongkok dan India, Indonesia memiliki sekitar 435 ribu tentara aktif dan 540 ribu tentara cadangan. Indonesia menghabiskan dana sekitar $3,243 triliun untuk membeli peralatan perang. Angkatan bersenjata Negeri Jamrud Khatulistiwa ini diperkuat oleh 418 tank, 441 jet tempur, 221 kapal perang.

Related posts