Negara Penghasil Badan Inteljen Terbaik Di Dunia

Negara Penghasil Badan Inteljen Terbaik Di Dunia

daftarnegaraterkuat.web.id Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Negara Penghasil Badan Inteljen Terbaik Di Dunia Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Negara Penghasil Badan Inteljen Terbaik Di Dunia

Sebuah badan intelijen memiliki fungsi dasar melakukan deteksi dini terhadap berbagai macam ancaman sehingga dapat melakukan pengamanan maksimal terhadap negara dan penduduknya.Jika sistem intelijen sebuah negara kuat, di mana sumber-sumber masalah dapat dideteksi sedini mungkin dengan valid dan dapat diantisipasi sebelum menjadi masalah, tentu akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya.

Setidaknya, gejolak yang akan timbul dari sumber masalah dapat diredam sekecil dan sedini mungkin demi keselamatan bangsa dan negara. Kali ini kami mencoba merangkum badan intelijen terbaik dan paling disegani dunia. Berikut ulasannya  :

Central Intelligence Agency/CIA (Amerika Serikat)
Central Intelligence Agency (CIA) berdiri pada tahun 1947. Ia memiliki tiga fungsi memperoleh dan menganalisis informasi tentang orang asing, melakukan propaganda dan hubungan masyarakat dan menggelar operasi rahasia untuk pertahanan Presiden.Dulu CIA diperlukan untuk memerangi agen Uni Soviet, Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB). Para agennya dilatih untuk membunuh, menyamar dan melakukan interogasi.Bahkan, CIA kerap melakukan berbagai eksperimen kontrol-pikiran untuk mengeksplorasi memori otak, pura-pura berkepribadian ganda (banci), pura-pura gila atau membuat pengakuan palsu.

MI6 (Inggris)
MI6 atau Dinas Intelijen Rahasia (Secret Intelligence Service) dibentuk sebelum Perang Dunia I. Mereka bertugas untuk menjaga, dan memata-matai kegiatan pemerintah Kekaisaran Jerman. MI6 kala itu telah banyak terlibat dalam konflik besar dari abad ke-20 dan 21. Ia juga aktif berkolaborasi dengan agen-agen Amerika Serikat dengan saling berbagi info intelijen dan melaksanakan operasi rahasia.

GRU (Rusia)
Glavnoye Razvedyvatel’noye Upravleniye (GRU) yang artinya Direktorat Intelijen Utama merupakan intelijen terbesar di Rusia. GRU berdiri pada tahun 1918 oleh Vladimir Lenin, dan bertugas untuk menangani semua operasi intelijen militer.Sejak itu, GRU telah mengambil bagian dalam kegiatan anti-nasionalis yang signifikan di Eropa Timur dan menurut mantan agen, mereka banyak menyusup ke negara-nrgara besar eropa dan Amerika Serikat. Agen GRU bahkan pernah dituduh memiliki hubungan dengan Al-Qaeda.

DGSE (Prancis)
Direction Generale de la Securite Exterieure (DGSE) dibentuk menggantikan lembaga yang lebih tua yakni de Dokumentasi Exterieure et de Contre-Espionnage (SDECE) pada tahun 1982. Lembaga ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan data intelijen, pencegahan deteksi dan menemukan kegiatan spionase eksternal. Diarahkan terhadap kepentingan Perancis. Badan ini menyimpan profil data rahasia tingkat rendah.The DGSE segera membuktikan keberadaannya pada awal tahun 1980, ketika mereka mengungkapkan jaringan mata-mata Soviet yang memungkinkan Uni Soviet untuk mengumpulkan info penting tentang kemajuan teknologi barat tanpa sepengetahuan intelijen Amerika. Jaringan mata-mata Uni Soviet (kini Rusia) adalah jaringan yang paling canggih dalam hal teknologi di Eropa dan di negeri Paman Sam.

Baca Juga : Negara Pencetak Konglomerat Terbanyak

ISI (Pakistan)
Pada masa perang India-Pakistan tahun 1947 Pakistan mendirikan Inter-Services Intelligence (ISI) oleh pemerintah Pakistan pada tahun 1948. Sejak itu, pengaruh fungsi lembaga ini menyusut tidak sesuai dengan keinginan dan kekuasaan pemimpin Pakistan.ISI telah secara aktif bekerja sama dengan CIA terlibat dalam kontra-terorisme terhadap gerilyawan paling dikejar-kejar dunia Al-Qaeda, militan Taliban dan suku / teroris Pakistan. ISI adalah badan yang aktif menipu dan dikenal beroperasi dalam mode ‘tak terlihat’.ISI pernah menyadap komunikasi para pembunuh Presiden Pakistan, Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq pada tahun 1980 menjelang acara parade nasional. Komplotan pembunuh Presiden itu termasuk pejabat militer berpangkat tinggi. Mereka merencanakan kudeta untuk menggulingkan pemerintah dan menginstal sebuah pemerintahan Islam ekstrim di Pakistan.

BND (Jerman)
The Bundesnachrichtendienst’s (BND) berdiri sebelum Perang Dunia II dalam rangka memata-matai Uni Soviet (Rusia). BND bertindak sebagai sistem peringatan dini untuk memperingatkan pemerintah Jerman terhadap ancaman dari luar negeri, bertanggung jawab berat pada pengawasan, penyadapan dan komunikasi elektronik internasional.Salah satu prestasi mentereng dari BND ialah mengungkap isu-isu di Irak tentang bekas pemimpin diktatornya, Saddam Hussein.

Mossad (Israel)
Badan intelijen milik bangsa Yahudi Israel ini sepenuhnya bertanggung jawab terhadap pengumpulan informasi intelijen, kontra-terorisme dan berbagai operasi rahasia. Mossad adalah layanan sipil, dan tidak menggunakan perangkat militer, kendati sebagian besar staf agen perusahaan telah bertugas di pasukan pertahanan Israel sebagai bagian dari sistem draft wajib negara.
Sayap Mossad yang paling terkenal adalah Divisi Operasi Khusus atau lazim disebut Metsada. Metsada telah terlibat dalam beberapa aksi pembunuhan, operasi paramiliter, sabotase, dan perang psikologis.Pada tahun 1960, Mossad menemukan bahwa Adolf Eichmann, penjahat perang Nazi terkenal, tinggal di Argentina dengan nama Ricardo Klement. Ia ditangkap oleh tim agen Mossad dan diselundupkan ke Israel di mana dia diadili dan akhirnya dieksekusi.

R & AW (India)
Dinas intelijen Research and Analysis Wing (R & AW) berdiri tahun 1968 sebagai respons terhadap kinerja intelijen negara yang miskin kiprahnya pada perang terakhir melawan Pakistan dan China. R & AW dipasang sebagai sayap kabinet federal dan tidak bertanggung jawab kepada parlemen India.Baru-baru ini R & AW’s telah terfokus pada tetangganya, Pakistan. Selama Perang Kargil di Kashmir tahun 1999, R & AW mampu menggali hubungan antara intelijen Pakistan dan kelompok teroris untuk menyusup ke kelompok-kelompok militan di lembah Kashmir. R & AW juga memiliki andil besar dalam penciptaan Bangladesh pada tahun 1971.

ASIS (Australia)
The Australian Secret Intelligent Service (ASIS) didirikan pada tahun 1952. Mereka bertanggung jawab mengumpulkan data intelijen, melakukan kegiatan kontra intelijen dan melakukan koordinasi dengan instansi lain di luar negeri.Pemerintah Australia baru saja mengesahkan undang-undang kontroversial untuk bekerja dengan organisasi lain seperti CIA dalam operasi paramiliter. Namun, ASIS tidak terlibat secara langsung dengan CIA. Badan intelijen ini memegang ribuan file rahasia tentang warga di negeri Kangguru itu.

CSIS (Kanada)
The Canadian Security Intelligent Service (CSIS) resmi berdiri pada tahun 1984. Sebelum adanya CSIS, Kanada ditangani Royal Canadian Mounted Police (RCMP). CSIS merupakan lembaga sipil yang tidak terkait kepada militer atau polisi. Agen intelijen Kanada memiliki pekerjaan di lingkup domestik serta internasional. mereka bertugas untuk memantau dan menghadapi ancaman terhadap keamanan Kanada.

Related posts