Pasukan Khusus Paling Mematikan di Dunia

Pasukan Khusus Paling Mematikan di Dunia

Daftarnegaraterkuat.web.id – Hampir semua unit militer suatu negara memiliki pasukan elit khusus, unit paling tangguh yang dapat dibanggakan. Kemampuan anggota pasukan khusus ini biasanya jauh di atas orang-orang normal karena latihan berat yang telah menempa mereka. Di Indonesia, kita memiliki Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang sangat diperhitungkan dunia dan termasuk dalam daftar pasukan khusus paling mematikan berikut ini.

Di dunia di mana ukuran militer negara semata-mata tidak lagi menjadi satu-satunya petunjuk efektivitas, keberadaan Pasukan Khusus dapat dipertimbangkan sebagai unit paling tangguh yang dapat dibanggakan oleh suatu negara. Pasukan Khusus tak gentar untuk pergi ke tempat mengerikan yang ditakuti pasukan lain, menangkal potensi ancaman, menumpas sasaran strategis, dan melakukan misi penyelamatan yang berbahaya.

Berbagai Pasukan Khusus di bawah ini telah melalui latihan-latihan pelatihan yang ketat yang dirancang untuk menyingkirkan calon anggota yang tidak dapat mencapai standar yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka di lapangan. Yang terbaik dari yang terbaik, berikut ini daftar sepuluh teratas Pasukan Khusus terbaik di dunia dan yang paling mematikan yang telah teruji dalam memadamkan berbagai perang, menumpas pemberontakan sipil, hingga melaksanakan misi khusus.

1. US NAVY SEAL

The United States Navy Sea, Air and Land (SEAL) dibentuk tahun 1962. Navy SEAL terkenal karena kemampuannya untuk bertugas di bawah air dan menangani pengintaian khusus, penanggulangan terorisme, penyelamatan sandera, dan perang non-konvensional. Para operator Navy SEAL telah melewati pelatihan bertahun-tahun dan, terutama pasca serangan 9/11, bertahan dengan tempo operasi yang luar biasa. Banyak militer asing mendasarkan operasi khusus mereka pada SEAL.

Operasi terkenal: sebuah tim yang diotorisasi oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berhasil membunuh Osama bin Laden di markasnya di Pakistan. Tiga personel Navy SEAL juga telah menewaskan tiga perompak Somalia ketika mereka menyandera seorang kapten.

2. ALPHA GROUP

Dibentuk oleh KGB tahun 1974, Alpha Group terkenal sebagai unit elit antiterorisme. Nama resminya adalah Directorate “A” of the FSB Special Purpose Center (TsSN FSB), yang merupakan sub-unit elit dari Pasukan Khusus Rusia yang berdiri sendiri. Alpha Group adalah satuan tugas khusus anti-terorisme dari Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB).

Operasi terkenal: krisis penyelamatan sandera sekolah Beslan tahun 2004, di mana 1.200 sandera ditahan oleh separatis Chechnya. Alpha Group kemudian berhasil membunuh 31 teroris. Operasi tersebut kurang lebih berakhir dengan baik, kecuali dengan adanya lebih dari 350 warga sipil yang turut menjadi korban tewas

3. KAIBILES

Didirikan tahun 1975, pasukan komando kontra revolusioner Guatemala, Kaibiles, ialah pasukan khusus tak kenal takut yang ahli dalam peperangan hutan dan operasi menumpas pemberontakan. Moto mereka adalah, “Jika saya maju, ikuti saya. Jika saya berhenti, desak saya. Jika saya mundur, bunuh saya.”

Operasi terkenal: delapan personel Kaibiles tewas dan lima orang lainnya luka-luka dalam serangan di Kongo sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB. Para prajurit yang tewas adalah bagian dari operasi yang gagal untuk menangkap wakil komandan Pasukan Perlawanan Tuhan (LRA) Uganda.

Baca Juga : Negara dengan Militer Terkuat di Timur Tengah

4. SAYERET MATKAL

Sayeret Matkal adalah pasukan pertahanan Israel yang ahli dalam senjata kecil, seni bela diri, dan mengumpulkan intelijen jauh di belakang garis depan musuh. Selama kamp seleksi (Gibbush), para calon anggota akan menjalani latihan keras, sementara terus-menerus diawasi oleh dokter dan psikolog, karena hanya yang terkuat yang bisa terdaftar menjadi personel pasukan.

Operasi terkenal: Operasi Entebbe, sebuah misi penyelamatan sandera yang ditahan di Air France penerbangan 139 di Bandara Entebbe Uganda tahun 1976. Seorang tentara Israel, 45 tentara Uganda, enam pembajak, dan tiga sandera tewas dalam operasi itu, yang setidaknya berhasil membebaskan 100 orang sandera.

5. KOPASSUS

Kopassus, singkatan dari Komando Pasukan Khusus, dibentuk sebagai pasukan khusus Indonesia tahun 1952. Kopassus melakukan banyak operasi dan misi khusus seperti aksi langsung, perang non-konvensional, kontra-pemberontakan, kontra-terorisme, pengumpulan intelijen, dan sabotase.

Operasi terkenal: tahun 1981, kelompok ekstremis Islam membajak pesawat Garuda penerbangan 206. Setelah pesawat mendarat, komando Kopassus melaksanakan operasi cepat, menewaskan tiga pembajak, dan membebaskan 50 penumpang.

6. SPECIAL SERVICE GROUP (SSG)

Dikenal sebagai “Black Storks” karena perangkat kepala yang unik dari pasukan komando, pasukan khusus Pakistan ini adalah salah satu pasukan khusus yang terbaik di dunia. Special Service Group (SSG) melakukan operasi tempur yang dipersenjatai dengan serius, meluncurkan peperangan non-konvensional, sabotase, pengumpulan intelijen, pertempuran jarak dekat, dan spionase. Untuk menjadi bagian dari pasukan, seseorang harus menyelesaikan beberapa pelatihan, termasuk berbaris sejauh 36 mil dalam 12 jam dan berlari sejauh 5 mil dalam 50 menit dengan membawa perlengkapan penuh.

Operasi terkenal: tahun 1994, para pembajak Afghanistan mengendalikan sebuah bus sekolah yang penuh dengan 74 anak-anak dan delapan guru. Dengan negosiasi yang tidak mengarah ke mana-mana, komando SSG menggunakan ledakan sebagai pengalih perhatian, kemudian membunuh ketiga pembajak.

7. DELTA FORCE

Pasukan khusus tentara Amerika Serikat yang dikenal sebagai 1st Special Forces Operational Detachment-Delta (1st SFOD-D). Delta Force adalah salah satu unit misi khusus AS yang terutama berfokus pada misi kontra-terorisme.

Operasi terkenal: memainkan peran penting dalam invasi 2003 ke Irak, diduga memasuki Baghdad terlebih dahulu untuk memandu serangan udara dan menyabotase jalur komunikasi Irak.

Related posts