Pertahanan Negara Korea utara

Pertahanan Negara Korea utara

daftarnegaraterkuat.web.id – Dikabarkan Korea Utara berhasil melakukan uji persenjataan baru yang memiliki teknologi canggih. Negara Korea Utara adalah negara yang sangat tertutup dan di bawah pemerintahan Kim Joong Un rakyat sangat patuh terhadap pemerintahan.

Baca juga : Kekuatan militer Rusia

Pyongyang telah melakukan total enam uji coba nuklir, yang dimulai pada tahun 2006. Di setiap uji cobanya, senjata nuklir Korea Utara semakin meningkat. Pada tahun 2006, uji coba bom atom dengan bahan bakar plutonium memiliki hasil yang setara dengan 2 kiloton TNT. Ledakan dari uji coba terbaru, yang dilakukan pada tanggal 3 September, memiliki ledakan sebesar 140 kiloton—yang membuatnya sekitar 10 kali lebih kuat dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima pada akhir Perang Dunia II.

Saat ini, Korea Utara dipercaya memiliki sekitar 25 hingga 60 senjata nuklir, berdasarkan penilaian intelijen AS dan analisis dari para ahli independen. Rezim Kim juga dikatakan telah mengembangkan sebuah miniatur hulu ledak nuklir yang dapat diletakkan di sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM).

Pertanyaan yang lebih besar adalah apakah rezim tersebut memiliki teknologi yang dibutuhkan untuk membuat senjata seperti itu mencapai daratan AS. Agar sebuah ICBM dapat sukses diluncurkan, Korea Utara harus menembakkannya secara melengkung ke luar angkasa, sebelum kembali lagi ke bumi dan menyerang targetnya. Masih menjadi pertanyaan apakah Korea Utara telah mengembangkan sebuah hulu ledak yang mampu bertahan ketika masuk kembali ke atmosfer.

“Korea Utara kemungkinan membutuhkan beberapa uji coba ICBM lagi dengan lintasan standar, sebelum mampu mencapai daratan AS. Namun begitu, Korea Utara juga harus memastikan bahwa hulu ledak yang akan dibawa oleh sebuah ICBM sudah cukup kecil, ringan, dan dapat kuat bertahan. Perkiraan saya adalah bahwa akan dibutuhkan beberapa uji coba ICBM lagi dan uji coba nuklir lainnya—kemungkinan dua tahun lagi,” ujar Siegfried Hecker, seorang profesor Stanford yang merupakan ahli senjata nuklir.

Baca juga : Perang Pecah pada Tahun 2020

Korea Utara diperkirakan telah memiliki rudal jarak menengah yang mampu mengantarkan sebuah hulu ledak nuklir ke Korea Selatan atau Jepang. Selama beberapa tahun, Korea Utara juga telah memiliki rudal jarak dekat yang mampu mencapai negara-negara tetangganya, seperti misalnya Scud.

Selain uji coba nuklir yang dilakukannya pada awal September, Korea Utara telah melakukan 15 uji coba rudal di tahun 2017, seperti yang tercatat. Program rudal balistiknya telah mengalami perkembangan besar selama satu tahun terakhir, dan Korea Utara dipercaya memiliki sebuah rudal jarak menengah yang mampu mencapai teritori AS di Guam.

Selain itu, pada bulan Juli, rezim tersebut melakukan uji coba sebuah rudal balistik antar benua (ICBM)—yang disebut Hwasong-14—yang dapat mencapai daratan AS. Total, Pyongyang diperkirakan memiliki sebanyak 1,000 rudal dengan berbagai jarak, menurut Dewan Hubungan Internasional.

Sementara itu, rezim Kim kemungkinan memiliki “kemampuan untuk memproduksi agen saraf, yang menyebabkan melepuh, berdarah, dan mencekik” dan diperkirakan memiliki persediaan antara 2,500 hingga 5,000 ton senjata kimia, menurut sebuah laporan pada Januari 2016 dari Departemen Pertahanan AS. Korea Utara juga dipercaya memiliki senjata biologi.

Selain itu, kita tahu bahwa Korea Utara memiliki pasukan sebanyak 1.1 juta tentara, yang menjadikannya sebagai negara keempat di dunia dalam hal ukuran militer, juga 1,300 pesawat udara, hampir 300 helikopter, 430 kapal tempur, 250 kapal amfibi, 70 kapal selam, 4,300 tank, 2,500 kendaraan lapis baja, dan 5,500 peluncur roket berganda.

Related posts