Rudal Andalan Indonesia AGM-65K2

Rudal Andalan Indonesia AGM-65K2

Rudal Andalan Indonesia AGM-65K2 – Salah satu rudal andalan Indonesia yang dipasang pada pesawat tempur F-16. Rudal ini memiliki diameter 300 mm dan panjang 2,49 meter. Jika digunakan dalam keadaan baik, rudal Raytheon bisa menempuh jarak tembak hingga 24 kilometer. Raytheon sendiri memiliki kecepatan hingga 1.100 km per jam. Jadi bisa dibayangkan betapa cepatnya rudal ini bergerak sebelum akhirnya mengenai sasaran.

Rudal ini diproduksi oleh Amerika dan telah digunakan oleh 30 negara di dunia. Hingga sekarang produksi rudal ini sudah mencapai 70.000 unit sejak pertama kali dibuat di tahun 1972. Rudal ini menjadi senjata andalan Indonesia yang dioperasikan oleh Skadron Udara bersama 10 unit F-16 serta 24 F-16 C/D.

Bila AGM-65G mengandalkan infra red, maka sistem pemandu AGM-65K adalah sensor charge couple device (CCD) TV 480×480 pixels, ini merupakan sensor cahaya dalam kamera yang berfungsi merekam gambar. Dengan teknologi pemandu ini, maka rudal dapat beroperasi standoff setelah diluncurkan.

Baca Juga :
pesawat hercules c-130 terbaru telah tiba
indonesia memiliki kapal selam baru
amerika serikat

Selain urusan sensor, desain modular juga diberlakukan pada kapasitas bopong hulu ledak. Ada dua opsi yang dipilih, standar 57 kg untuk varian AGM-65 A/B/D/H dan 136 kg bagi AGM-65 E/F/G/H/K. Dalam penerapan di lapangan, untuk hulu ledak ringan biasanya dipakai oleh pesawat-pesawat tempur milik US Marine dan USAF. Sedangkan hulu ledak berbobot lebih besar untuk menghantam target diatas permukaan laut lebih condong digunakan oleh pesawat-pesawat US Navy.

Dengan beragam varian yang ditawarkan, Maverick yang awalnya dikenal sebagai rudal perontok tank kini telah bisa diadaptasi ke beragam target. Berangkat mulai berlaga di Perang Vietnam (1972), berlanjut ke Perang Yom Kippur, Perang Irak – Iran, Perang Teluk, Perang Irak, dan Perang di Libya, serta digunakan di lebih 30 negara, maka layak bila TNI AU mengadopsi rudal Maverick generasi baru untuk memperkuat lini persenjataan jet tempur asal AS/Eropa Barat. Debut perdana AGM-65K dibuktikan saat gelar operasi Iraqi Freedom di tahun 2003.

Related posts