Rusia

Militer Rusia

Militer RusiaRusia – Jika kita bicara tentang kekuatan kapal selam Rusia, biasanya akan menyebut sejumlah nama tenar seperti Kelas Borei yang tangguh melakukan patroli militer di bawah es Arktik, kalap selam multi peran kelas Yasen yang dapat menyerang target darat, atau kelas Kilo yang terkenal senyap.

Namun sebenarnya armada Rusia juga memiliki kapal selam yang disimpan di bawah tabir kerahasiaan tinggi

Kapal selam ini diawaki oleh penyelam khusus yang dipilih dengan pengalaman minimal lima tahun, setelah melewati pemeriksaan medis dan evaluasi berdasarkan persyaratan yang sama yang berlaku untuk kosmonot.

Kapal selam super rahasia ini memiliki peran khusus. Apa saja mereka? Ini dia

Sperm Whale: Project 1910 Kashalot

Proyek 1910 adalah kapal selam generasi pertama kecil dirancang untuk terus beroperasi dan melakukan berbagai penelitian pada kedalaman lautan. Kapal selam dilengkapi dengan teknologi robot, manipulator dan kompleks lainnya.

Kapal selam ini digunakan tidak hanya untuk pengintaian dan penelitian ilmiah, tetapi juga untuk mengangkut penyelam tempur. Saat kecelakaan kapal selam K-141 Kursk, salah satu kapal selam digunakan untuk pencarian dan penyelamatan kru.

Halibut: Project 1851 Paltus

Proyek 1851 adalah pengembangan improvisasi Proyek 1910. Kapal selam yang ditunjuk meliputi: melakukan operasi pengintaian khusus, kegiatan-rute patroli kapal selam Angkatan Laut Rusia jamming, mengangkat benda dari dasar laut dan dari kapal tenggelam, serta melakukan ilmiah dan tugas-tugas teknis. Karena ukurannya yang kecil, ini dapat digunakan untuk operasi sabotase di berbagai bidang lautan bumi.

Losharik: Project 10831

Proyek 10831 merupakan pengembangan Proyek 1851 dan 1910. Hanya satu kapal selam (AS-12) yang dibangun di bawah proyek ini, dan dianggap salah satu kapal selam yang paling unik dan rahasia yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Rusia. Kapal selam ini mendapat namanya karena fitur desain khusus – kapal tersebut terbuat dari titanium ball yang mengikuti satu sama lain, seperti di kartun Soviet “Losharik”.

Baca Juga :

Israel

Brazil

Karakteristik dan kemampuan kapal ini terselubung misteri, tetapi dipastikan kapal ini membawa peralatan khusus untuk melakukan pekerjaan pada kedalaman yang jauh, dan dapat “menembus” komunikasi dalam air dari musuh potensial atau memutuskan kabel bawah laut yang dalam, merampas garis komunikasi musuh juga dapat mengambil peralatan rahasia dari kedalaman lautan dan samudra.

Pada musim gugur 2012, kapal ini berpartisipasi dengan kapal induknya, Orenburg yang bertenaga nuklir di 2012 Ekspedisi Kutub Utara dan membor dibor sumur dengan kedalaman 2,500-3,500 meter dan diambil sampel tanah.

Orenburg: BS-136

BS-136 bertenaga nuklir Orenburg dirancang untuk transportasi dalam air untuk zona operasional mereka. Kapal ini didasarkan pada kapal selam Proyek 667BDR (Delta-III). Pada tahun 2002 dan diubah menjadi Proyek 09786.

Selama konversi, kompartemen rudal dipotong dari kapal selam, dan digantikan oleh kompartemen untuk mengangkut stasiun atom dalam air untuk ruang hidup yang nyaman. Pada tahun 2012, kapal selam ini menjadi kapal induk dari proyek 10831 ADS selama penelitian ilmiah Arktik 2012.

Related posts