Wajib Militer di Korea selatan

Wajib Militer di Korea selatan

daftarnegaraterkuat.web.id – Korea Selatan adalah negara yang terkenal dengan drama Koreanya yang sangat menyentuh bagi para penikmat film percintaan. Tapi tidak sering di film atau para pemeran film Korea Selatan yang berhenti sementara untuk mengikuti wajib militer. Berikut kekuatan militer di Korea Selatan.

Baca juga : Kekuatan militer Rusia

Wajib militer mulai diberlakukan sejak tahun 1948

Wajib militer ini mulai diberlakukan tahun 1948, bertepatan dengan didirikannya Republik Korea dan angkatan bersenjatanya pada tahun yang sama. Jadi udah tradisi dari awal.

Wamil diwajibkan untuk cowok sejak umur 20 tahun, tapi wanita juga bisa

Setelah cowok di Korsel berumur 20 tahun, mereka bakalan nerima surat untuk wamil pada tahun berikutnya. Misalnya, tahun 2017 ini, cowok-cowok yang lahir tahun 1997 lalu bakalan nerima surat buat wamil tahun 2018. Biasanya, cowok-cowok Korsel masuk wamil setelah jadi mahasiswa, atau kuliah tahun kedua.

Tapiiii, ternyata cewek juga bisa ikutan wamil loh! Cewek-cewek yang mau wajib militer bisa mendaftar langsung buat jadi perwira non-komisioner, atau gabung dengan Reserve Officers’ Training Corps (ROTC) kalo mau jadi perwira komisioner.

Wamil bisa ditunda

Baca juga : Pertahanan Negara Korea utara

Banyak kasus yang terjadi sama seleb-seleb Korea, mereka sering banget menunda wamil. Walaupun surat wamil emang diterima waktu cowok-cowok ini berumur 20, mereka dikasih kesempatan buat menundanya menurut peraturan Military Manpower Association (MMA). Alasannya bisa karena sakit, kematian anggota keluarga, kelulusan sekolah/perkuliahan, adik/kakak yang masih wamil, bisnis, punya anak, dan masih banyak lagi.

Nah, batas penundaan wajib militer ini bisa dilakuin cuma sampe umur 29 tahun.

Masa tugas selama 21-24 bulan

Wamil tuh berapa lama siiiih? Tergantung pos-posnya! Pria Korsel bisa bertugas antara 21-24 bulan. Untuk Korps Angkatan Darat dan Marinir selama 21 bulan, Angkatan Laut selama 23 bulan, sementara Angkatan Udara dan Pelayanan Publik selama 24 bulan.

Related posts